Permainan Congklak, Game Tradisional Pilihan Untuk Anak

No Comments

Permainan Congklak, Game Tradisional Pilihan Untuk Anak. Jika ditanya kepada anak-anak zaman sekarang, mungkin sebagian besar tidak mengenal salah satu permainan yang populer dimainkan oleh anak pada era 90an. Congklak adalah game tradisional yang biasa dimainkan di dalam atau teras rumah.

Jika ingin melakukan permainan congklak, anak-anak membutuhkan satu papan congklak yang memiliki 16 lubang dan juga biji congklak sebanyak 98 buah. Papan congklak terbuat dari plastik atau kayu. Sementara itu, biji congklak terbuat dari cangkang karang atau bisa diganti dengan batu. Sebelum mengetahui informasi lebih lengkap mengenai permainan game congklak Anda juag perlu mengetahui informasi mengenai game taruhan bola online.

Berbeda dengan kebanyakan permainan tradisional lainnya, congklak hanya bisa dimainkan oleh dua orang seperti jika bermain catur. Pemain yang bermain pertama kali adalah yang memenangkan suit. Pemain pertama akan mengisi lubang congklak dengan satu biji congklak. Biji diisi dari lubang kiri ke kanan. Lubang diisi dengan biji congklak yang pertama diambil sampai habis. Lalu ambil semua biji congklak dari tempat yang terakhir kita isi, lalu isi ke lubang selanjutnya. Begitu seterusnya.

Permainan congklak dari satu pemain akan selesai jika lubang yang diisi dengan biji congklak terakhir hanya berisi biji congklak yang kita isi. Lawan main atau pemain kedua akan melanjutkan permainan. Pemenang dari game congklak ini adalah pemain yang memilki biji congklak yang paling banyak pada lubang besar miliknya.

Bermain congklak sama seperti bermain catur. Pemain membutuhkan strategi dan konsentrasi penuh dalam memainkannya. Pemain di sini akan kebanyakan diam dan berpikir daripada berbicara atau berinteraksi. Tidak ada gerakan tubuh selain kedua tangan yang menaruh biji-biji ke lubang papan congklak.

Permainan congklak melatih kecerdasaran dalam berstraregi. Para pemain berusaha mengisi sebanyak-banyaknya lubang besar miliknya agar menjadi pemenang. Bermain congklak cocok digunakan untuk kakak adik di rumah. Dengan bermain congklak, anak-anak akan terhindar dari menonton televisi atau bermain gadget dalam waktu yang relatif lama.

Mengenalkan permainan congklak kepada anak-anak adalah solusi terbaik buat anak yang cenderung hiperaktif juga. Mereka akan duduk manis bermain daripada bolak-balik berlarian, melompat, dan membongkar mainan terus-terusan. Dengan harga yang cukup terjangkau, anak-anak bisa bermain dengan permainan tradisional. Jadi, yuk belikan congklak untuk menemani anak kamu bermain.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *